Friday 6 February 2015

Judulnya sama “Menulis” Semangatnya Berbeda

screenshot dari akun (@yeahmahasiswa)
Hari ini saya lagi duduk agak menyepi di perpustakaan kampus, diluar jendela terdengar suara hujan yang lebat di ikuti petir yang saling menyambar. Ironi, dikala yang lain mungkin tengah menikmati waktu siang di rumah, atau bahkan terlelap dalam mimpi, namun aku disini lebih tertarik untuk menuliskan beberapa patah kata pembuka yang tak sempat disampaikan di pembuka awal tahun 2015 ini. Ah, sungguh sudah sangat terlalu lama aku bersikap so sibuk dan tidak memperbarui postingan di blog. Silahkan caci aku murtad jika engkau begitu mengharapkan aku untuk konsisten menulis, karena aku pun telah terlebih dahulu mencaci diri sendiri.---

Asik banget ya kayaknya prolog di atas, agak-agak satir gimana gitu ya (Jangan tanya satir itu apa). Jadi akhir-akhir ini saya tidak menghentikan aktifitas atau hobi menulis, hanya saja apa yang biasanya ditulis di laptop dan disajikan di blog kemudian beralih media. Saat ini saya sedang fokus menulis untuk kemudian disajikan dalam kumpulan lembaran kertas, yang tujuannya adalah sebagai syarat untuk menyelesaikan Program Studi atau sebagai Tugas Akhir mahasiwa tingkat akhir.


Iya tingkat akhir alias semester 6, suatu proses yang akhirnya akan saya lewati juga. Awalanya masuk kuliah disini, Analis Kesehatan Poltekkes Bandung (nomenklatur di kampus kami belum ada perubahan) karena victim SNMPTN, awalnya berat karena harus menghadapi matakuliah yang “engga gue banget”, awalnya kecewa tidak bisa memberikan yang terbaik untuk orang tua, awalnya semua hal tidak begitu mudah seperti yang nampak dari luar. Namun kemudian, yang awalnya hanya dijalani saja, akhir-nya akan ber-akhir juga di kampus ini. Ya walaupun ke depan masih ada banyak PR, yaitu sidang proposal, Praktik Kerja Lapangan (PKL), PKMD, sidang penelitian (Karya Tulis Ilmiah), kemudian Yudisium dan WISUDA. Kabarnya, setelah lulus itulah baru semuanya dimulai dari awal lagi.
 
image: entah siapa yang bikin, ini dari grup whatsap angkatan
Baiklah, kita awali cerita sore ini dari apa yang akan di hadapi yaitu Sidang Proposal. Sidang Proposal ini sebelum “sidang” nya pasti melalui suatu tahap penulisan atau penyusunan proposal, proses ini yang sedang mengambil alih media perubahan menulis (gaya abis media perubahan menulis). Iya proposal itu ditulis (diketik), gak tau-tau jadi kemudian sidang, proses menuju penulisan proposal ini awalnya dari mata kuliah METLIT di semester 5 (bagi mahasiswa DIII di Analis Kesehatan Poltekkes Bandung), awal mula kita belajar menulis secara ilmiah ini (namanya juga Karya Tulis Ilmiah) dari mata kuliah Metodologi Penelitian, dari mata kuliah ini kita benar-benar diajarkan bagaimana cara menulis yang baik dan benar, mulai dari tata bahasa, tanda baca, menggunakan spasi, dan yang tidak kalah penting harus ada kesinambungan antara alinea satu dan alinea dua begitu seterusnya dari BAB I (pembukaan) sampai BAB V. Di tulisan saya yang lain, yang tidak saya posting, saya pernah menuliskan secara lengkap tentang BAB I, kalau saya bahas isi bab I disini akan sangat panjang, yang minat mau baca bab I silahkan isi komentar saja di bawah dan sertakan email.

jadwal sidang, doakan lancar yaa.. aamiin
Saya memang lumayan sedikit terbiasa untuk menulis atau menyusun suatu tulisan, hanya saja di media yang agak berbeda yaitu di blog, catatan facebook atau tumblr, dan esensinya agak berbeda dengan apa yang harus ditulis dalam karya tulis ilmiah. Jika dalam tulisan medsos itu tidak terlalu memperhatikan sumber atau referensi, beda halnya dengan tulisan di proposal atau tugas metlit, semua yang ditulis tidak boleh hanya berdasar pada “apa yang menurut kita” atau referensi yang tidak ada kaitannya dengan penelitian, apalagi hanya berdasarkan "feeling".

Lah iki piye, aku anak tumblr dan blogger yang basic tulisannya curhatan (diary) pakai bahasa penyampaian yang agak lebay dan gak formal, kemudian harus menuliskan sesuatu yang tidak bertele-tele, tak banyak prolog dan mengandung unsur ilmiah, yaa jelas butuh penyesuaian. Dan saya akui dengan semangat yang agak berbeda, sejujurnya bukan agak berbeda, tapi sangat berbeda.

Semangat nulis buat tugas metlit (ajuan proposal) itu semangat 45! alias semangat setelah 4-5 menit kemudian mereda, awalnya semangat, beberapa menit kemudian dengan alibi ngumpulin dulu otak, atau dengan alibi rileksasi dulu, kemudian bye byee, close ms word, close my eyes too (alias tidur).
Ya gitu lah siklusnya berulang-ulang sampai kemudian raja api menyerang dan avatar belum cukup hebat untuk menguasa kesemua elemen air, udara, tanah, dan api. (kalimat avatar yang agak mainstream)

Dengan tajuk yang sama “menulis” tapi rasa dan semangat yang dibawanya berbeda sekali. Namun, karena didesak sesuatu yang ajaib yaitu “deadline” kemudian hal yang dirasa mustahil untuk selesai itu, akhirnya bisa juga selesai, “the power of kepepet memang luar biasa” mujarab!. Eits, jangan dikira saya leye-leye sepanjang masa, ada kalanya juga sibuk bolak-balik ngurusin bakal KTI ini, perjuangannya worth lah untuk sampai ke tahap sidang proposal ini (walaupun baru sidang usulan proposal).

sumber gambar: biasa dari whatsap angkatan :D
Kemudian ada cerita lain nih tentang menulis, saya akhirnya punya ide yang lumayan “inisiatif” untuk mengajak adik-adik tingkat di Analis Kesehatan Poltekkes Bandung, untuk membudayakan kegemaran menulis, awalnya sih karena tak begitu banyak teman sekampus yang mau menuliskan pengalamannya tentang kuliah di Analis Kesehatan Poltekkes Bandung, banyak memang kakak tingkat yang sudah memulai untuk menulis tentang Profesi ini atau bagi mahasiswa tentang Mata Kuliahnya. Sebut saja MLT unite, labtechreation, dan blog kakak tingkat yang satu ini, masih update baru-baru ini tentang prinsip suatu pemeriksaan dan suatu hal yang ada kaitannya dengan bidang keilmuan Analis Kesehatan. 

Berbeda jauh dengan isi blog saya yang satu ini, saya mungkin memang belum bisa memposting tentang tulisan yang ada kaitannya dengan bidang keilmuan Analis Kesehatan, mungkin karena kurangnya minat atau yaa “semangat yang berbeda”, tapi saya yakin banyak potensi yang bisa menuliskan itu, maka dari itu saya tak henti menyemangati teman yang awalnya suka menulis kemudian dia memutuskan untuk menghapus blognya, mensuport kakak tingkat yang luar biasa supaya terus menulis, dan mencari bibit-bibit hebat yang akan meneruskan budaya menulis. (Ayo Analis Kesehatan Bersatu dengan menulis! mehehe)

Saya pernah membaca tentang mengapa seseorang harus menulis, tapi lupa sumbernya dari mana, bahwa kita akan lupa dengan apapun yang ada dalam pikiran kita jika tidak dituliskan, bahwa setiap orang memiliki cerita yang luar biasa hanya saja tak setiap orang mau menuliskan cerita luar bisanya itu. Yang membedakan seseorang dengan yang lainnya adalah dia menuliskannya, jadi menulis itu membedakan mu, ya seperti tulisan di proposal, dari judul saja tidak ada yang sama, apalagi isinya. Menulis itu membedakanmu dengan yang lainnya.

Nah jadi ayoo semangat menulis! Jenis apapun dan di media apapun, sebenarnya mungkin hanya alasan saya saja, judulnya sama menulis tapi semangatnya beda. Padahal semangatnya bisa saja sama,
karena perbedaan dan persamaan itu sama saja seperti suka dan tidak suka, kadang mereka saru.

Oke, sebelum tulisan ini ditutup, nih saya kenalin tulisan adik tingkat yang mulai mau merintis semangat untuk menulis, semoga dia tetap semangat menulis bagaimanapun keadaannya, karena di Analis Kesehatan Poltekkes Bandung, kita memang dilatih untuk menjadi penulis yang tangguh, mulai dari awal PPSMJ yaitu nulis tugas yang seabreg, tugas menulis laporan praktikum yang tak kalah banyak, dan puncaknya nanti di tugas akhir, menulis KTI untuk DIII dan SKRIPSI untuk DIV.

Cukup surprise juga di postingan pertamanya dia menyebutkan saya sebagai salahsatu motivasi menulis, terimakasih tomo, tetap semangat dan teruslah membaca dan belajar banyak hal!

silahkan sapa dia di anakpenasederhana.blogspot.com

Oke deh cukup sekian posting kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya yang tak bisa ditebak kehadirannya (seperti apa ya yang tidak bisa ditebak kehadirannya...). 
Semoga bermanfaat...

1 comment:

  1. Kaa kalau boleh tau judul yg kaka ambil apa ?
    Kalo aku bisa liat bab 1 kaka bisa tolong kirim email ke thasyiyati@yahoo.com
    Terima kasih

    ReplyDelete