Saturday 13 September 2014

My Blood type is...

bukan kali pertama periksa goldar :D
Aku adalah tipe orang yang akan banyak bertanya "kenapa?" (Baca kenapa dengan nada suara seperti anak kecil dalam iklan biskuit yang kuat, biar agak ngehits), sering menjawab pernyataan dengan pertanyaan, katanya tipe AB memang begitu, banyak nanya.(tapi tak usah men-generalkan AB juga ya, gak semua AB begitu ko)

Ya, rina asmara memang sering banyak nanya kalo lagi ngobrol, tapi cenderung pasif kalo dosen yang lagi memberi kuliah. Mungkin rinaasmara adalah seorang introvert. Pernah baca bagaimana seorang introvert berintaraksi dengan lawan bicaranya? Kalau saya tidak salah, seorang introvert apabila di hadapan banyak orang atau sedang dalam suatu kelompok, bila ada orang lain yang lebih mendominasi, dia akan cenderung lebih diam, menyimak saja tanpa banyak menanggapi, tapi apabila sudah berbicara from eyes to eyes, mata ke mata, alias cuman berdua doang, dia akan banyak berbicara, banyak nanya juga, apalagi kalau sudah merasa nyaman dengan lawan bicaranya dia akan sangat bawel.


Mungkin begitu ya seorang introvert tipe AB berinteraksi dengan orang lain.
Jadi, biasanya pernyataan seperti apa yang menimbulkan pertanyaan?
Jawabannya adalah pernyataan apa saja.
Contoh percakapan.
"Hari ini dosen A gak masuk"
"Kenapa?"
Padahal orang lain bisa saja tak perlu bertanya, cukup bilang, "aaahh..." kalo orang yang males ganti kuliah, atau "yees.." orang woles yang gak masuk kuliah juga gak apa. Atau "....." ini orangnya yaudah, no komen aja.
Kemudian tipe pernyataan kedua
"Dosen A minta diganti rabu"
"kenapa rabu?"
Yang lain bisa aja komentar
"Yaaah..." yang males ngeganti rabu. "....." tipe yang, yauda deh no koment lagi.

Selain banyak menjawab pernyataan dengan pertanyaan, tipe AB adalah sang minoritas. Bagaimana tidak, dalam satu kelas, pemilik golongan AB hanya ada tiga orang! Dan saya pernah menjadi minoritas dalam hal positif dan hal negatif.
Contoh kasusnya adalah, waktu dulu semester I kuliah, pernah jadi bagian minoritas 'her'mawati Matakuliah Instrumentasi, ini minoritas Negatif. Minoritas Positifnya adalah, Pernah menjadi bagian minoritas yang tidak her matakuliah Praktikum Analisis Kimia Makanan Dan Minuman, mungkin ini faktor keberuntungan juga kali ya.

Selain itu, saya juga menjadi minoritas dalam hal keorganisasian, satu-satunya tingkat Tiga Jurusan Analis Kesehatan yang masih bertahan bergabung bersama Pramuka.
Hal tersebut dapat terjadi, mungkin karena Ab yang anti mainstream, hehe.
Tapi selain itu, ada hal yang ironis dari suatu penelitian yang dilakukan oleh Jepang, tentang Karakter seseorang berdasarkan golongan darah, berikut kutipan dari sumber ini:

“AB dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka hengkang dari pekerjaan ketika terdapat hal-hal tidak memenuhi harapan mereka. Dikenal sensitif dan ingin mendapat perhatian untuk mengimbangi kekurangan dari jenis darahnya.

Hey rinaasmara..masih percaya aja sama yang begituan? I dare you, to chalenge me! (so so an gitu)
Kalo aku sih mikirnya, yo weis lah, masa depan bukan ditentukan dari karakteristik berdasarkan golongan darah mu, masa depan itu Tuhan (Allah) yang atur, kalau Tuhan (Allah) sudah berkehendak, maka jadilah!
Kan semuanya sudah ada yang ngatur, Allah akan mengatur hal-hal yang besar, dan kita tinggal mengatur hal-hal yang kecilnya, jadi ngapain mikirin hal yang besar-besar kaya gitu?
Hehee..
Kalo aku jadinya bisa kerja dengan oke di jepang, maka jadilah!
Please Japan, don't judge me (my character) by my blood type.... :(

Masih mau nanya, kenapa?
AB sih nerima aja mau ada pertanyaan dijawab pertanyaan juga, soalnya pertanyaan dijawab pertanyaan itu asik loh, coba aja ya kalo lagi ujian ada option boleh menjawab dengan pertanyaan.
"Kalau menurut aku sih gini..., kalau menurut Bapak/Ibu gimana?"
Kalau ada yang seperti ini, langsung dicoret kali ya. hehe
Oke deh, well..pertanyaan dijawab pertanyaan itu menarik (dalam konteks ngobrol santai ya, bukan lagi sidang proposal atau wawancara yang formal, kalau dalam hal itu sih rasanya kaya disudutkan, haha), obrolan yang bisa dibilang tok tak, alias interaksi dua arah, 

karena perbincangan yang menarik bukanlah perbincangan yang salah satunya mendominasi, tapi perbincangan yang satu sama lain saling mengimbangi. -rinaasmara-
Oke deh, tulisan kali ini ditutup dengan quote itu saja di atas, dari Rina Asmara(ni), si AB, minoritas, dan Introvert.  (katanya)
jadi golongan darah kalian apa?

Sekian, salaam...

Nb: Tulisan tentang golongan darah ini ditulis karena baru saja mata kuliah imuno hematologi tentang Pemeriksaan golongan darah.

0 komentar:

Post a Comment