Saturday 23 August 2014

Pesan dari Passenger - Let Her Go


Michael David Rosenberg yang kemudian terkenal dengan nama panggungnya Passenger lahir pada 17 Mei 1984 di Brightone and Hove, Inggris. Terkenal sejak meliris single “Let Her Go” pada album All The Litle Light (2012), album All The Litle Light dimasukan dalam kategori Folk pada social media Soundcloud, genre yang memang sering muncul di Amerika Serikat dan Inggris, atau jenis musik tradisionalnya inggris.

Awalnya Passenger adalah sebuah band yang terdiri dari 5 orang (Pada tahun 2000-an), namun kemudian satu-per satu personilnya hengkang dari Passenger dan tinggalah Mike ( Michael David Rosenberg)  yang  membawa nama Passenger sendirian, akhirnya melejit ke permukaan dengan single Let Her Go, dan menduduki chart ke 2 di iTune Inggris.
Namun pada kesempatan kali ini saya tak akan lebih dalam lagi membahas seluk beluk mengenai Passenger, saya hanya ingin membagi sedikit keterkaitan sebuah paham atau pemikiran saya mengenai lagu “Let Her Go – Passenger”.

Bisa dibilang saya terlambat mengetahui lagu ini, walau jauh sebelumnya saya sudah mendengarkan lagu ini di acara Breakout –Net tv, namun tak sampai menelisik lebih jauh isi lagu dan pesan yang dibawanya.
(play video ini kemudian baca liriknya, ini versi akustiknya)

Well you only need the light when it's burning low
Only miss the sun when it starts to snow 
Only know your lover when you let her go

Only know you've been high when you're feeling low
Only hate the road when you're missin' home
Only know your lover when you've let her go

and you let her go


Staring at the bottom of your glass
Hoping one day you will make a dream last
The dreams come slow and goes so fast

You see her when you close your eyes
Maybe one day you will understand why
Everything you touch all it dies

Staring at the ceiling in the dark
Same ol' empty feeling in your heart
Love comes slow and it goes so fast

Well you see her when you fall asleep
But to never to touch and never to keep
Because you loved her to much
And you dive too deep


And you let her go

And will you let her go

And you let her go


oke jangan terburu-buru untuk galau, kali ini mari kita sikapi galau dengan arif dan bijaksana, saya mau mengajak anda pada kedalaman hati dan pikiran, untuk bersyukur atas apa yang kita miliki dan rasakan pada saat ini, ingin mengajak anda ber tadabbur (perenungan yang menyeluruh untuk mengetahui maksud dan makna dari suatu ungkapan secara mendalam), sudah sejauh mana anda merasa kehilangan, sudah sejauh mana anda menjaga orang-orang yang ada disekitar anda.

Kata galau itu sebenarnya tidak alay, tapi mereka sebagian oknum membuat kata galau menjadi tidak menyenangkan, galau adalah keadaan dimana anda dalam pilihan yang sulit, galau adalah keadaan mempertimbangkan, dalam postingan kali ini mungkin saya menyebutnya sedikit melow, bukan galau.

Dari Passenger, atau  mungkin jauh sebelum saya mendengar lagu Passenger saya sudah menyadari satu hal bahwa kita akan merasa pernah memiliki sesuatu ketika sesuatu itu hilang (walau sejatinya kita tak pernah bernar-benar memiliki apapun di bumi ini, kita hanya di titipkan). Kita akan sadar bahwa kita memiliki mata, hidung dan gigi, ketika nikmat dari ketiga hal itu Allah cabut, atau ketika merasa sakit di bagian anggota tubuh tertentu tersebut.

Saya teramat tidak suka cuaca yang Panas, bisa dikatakan keberadaan matahari yang terik begitu menyebalkan, tetapi pada musim hujan yang berkepanjangan, saya merindukan teriknya matahari, saya ternyata lupa bahwa terik matahari membuat pakaian yang di jemur menjadi kering, bahwa saya mencintai matahari atas hal simpel yang dia lakukan pada jemuran-jemuran saya yang terkadang luput dari perhatian.

Contoh lainnya dulu saat SMP saya pernah kehilangan sebuah hp, ketika memilikinya sering saya simpan dengan melemparnya, bisa dibilang sembarangan, namun ketika hp itu hilang, saya menyadari satu hal ada yang tidak berjalan dengan seperti biasanya, seperti ada yang hampa, betapa saat hp itu ada, komunikasi lewat sms adalah hal yang biasa saja, namun ketika hp itu tidak ada, berkomunikasi lewat sms menjadi barang langka dan terasa sangat penting.

Dari Passenger atau bahkan jauh sebelum saya mendengar Let Her Go, saya menyadari bahwa Jarak bisa membuat saya tambah sayang pada Mamah dan keluarga di rumah, karena jauh, walaupun hanya 1,5 jam perjalanan darat dari kampus menuju rumah, tapi ada kalanya saya benci dengan jarak dan ingin langsung sampai di rumah, bahwa terkadang saya perlu di jauhkan terlebih dahulu untuk menyadari bahwa orang-orang yang dekat dengan saya (sebelumnya) memiliki arti yang sangat besar dalam hidup. Jarak memang menjauhkan, tapi terkadang lebih mendekatkan, ada rindu dan haru ketika kembali bertemu.

Saya menyadari memiliki teman-teman di SMA yang sangat menyenagkan dan kehadirannya begitu mewarnai keseharian ketika terjauh dari mereka, ketika kita kuliah di institusi yang berbeda, terkadang mungkin kehadiran mereka biasa saja (karena bertemu setiap hari di sekolah), tapi ternyata keharidan mereka begitu luar biasa setelah kita semua saling terjauh dan tak bisa bertemu setiap hari.

Lewat Let Her Go – Passenger saya ingin menyampaikan sesuatu,  syukuri apa yang sekarang tengah kita jalani, syukuri saja musim kemarau yang panjang ini, syukuri orang-orang yang dekat dengan kita saat ini, syukuri sibuk nya kita, syukuri waktu luang yang kita miliki, syukuri semua nikmat yang telah Allah berikan, karena kita baru akan sadar arti pentingnya kehadiran mereka (atau sesuatu tersebut) ketika mereka hilang atau terjauh dari kita (atau diambil kembali oleh sang Maha Pencipta).
So will you let her go?

Tunggu saya ralat, jadi akan kah kamu melewatkan (sesuatu itu) begitu saja?

7 comments:

  1. sudah sejauh mana anda merasa kehilangan, sudah sejauh mana anda menjaga orang-orang yang ada disekitar anda.luar biasa

    ReplyDelete
  2. kak ini id line aku syahrifadlurrohman kalo ingin curhat atau cerita saya siap jadi pendengar yg baik :)

    ReplyDelete
  3. Saat dia ada hidup seperti biasa tak ada yang mencolok, dan saat dia pergi baru terasa berapa istimewa nya dia.
    Huff..menyesal

    ReplyDelete
  4. lihat juga chord let her go - passenger lirik lagu dan kunci gitar mancanegara

    ReplyDelete
  5. kak , saya juga menulis tentang fakta mengenai lagu "let her go"passenger.
    kakak bisa tengok dan kita bsa berdiskusi kak
    http://okyatni.blogspot.co.id/2017/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
    atau
    okyatni.blogspot.co.id

    keren kak :>

    ReplyDelete