Saturday 9 February 2013

Berbagi Sedikit Pengalaman ~

career day,  jalan silaturahmi ke SMA :)
Telah lama lulus (padahal baru 5 bulan yang lalu) dari institusi pendidikan SMAN 1 CIPARAY dari tadinya seorang siswa dan kemudian bermetamorfosis secara tidak sempurna menjadi MAHASISWA. Saya Rina Asmara, dulunya di angkatan 2012 adalah alumni XII Ipa 4. Kemudian terpecah dari ipa 4, dari semua murid, ada yang ke UNPAD, UB, UPI, universitas swasta, baik dibidang kesehatan ataupun bukan. Dan saya terdampar di Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan RI Bandung, ya dari ipa 4, yang masuk kampus ini hanya saya seorang diri. Yanasib. Kemudian teman sebangku saya melanglang buana ke kota batu, yaitu MALANG, Universitas Brawijaya, dengan jurusan Agribisnis. Sahabatku ini ke malang tetap saja untuk mengunjungi sawah mencari hama, dan bertemu dengan Hatta Radjasa, begitu tuturnya ketika setelah sekian lama terpisah dan dipertemukan kembali pada hari kamis 7 februari 2013. Dia bercerita tentang kehidupannya di malang, panjang sekali, tapi rasanya sangat menyenangkan mendengar cerita-cerita ninis, segar dan penuh dengan lika-liku hidp dan tak lupa juga dengan bumbu intrik asmara menyertainya.

Neng Anis Nurafifah, di datangkan langsung dari Malang :)
apapula ini, wajahnya gak ada -_-" pokonya yang pake baju ungu itu aku!

 Rasanya mengunjungi SMA kembali itu menyenangkan tak terkira, semua yang saya jalani rasanya seperti alusi semata. Masih sangat lekat di ingatan, ketika dulu masih menjadi seorang siswa dan betapa antusiasnya mengikuti acara carrer day HUT SMANSA CIPARAY ini, mendengarkan berbagai universitas memperkenalkannya lebih jelas, dan kita dengan sangat aktif bertanya ini itu, mulai dari cara masuk nya, biaya, dan prospek ke depannya seperti apa. Berkunjung ke SMA lagi dan sebagai mahasiswa serta memperkenalkan pada adik kelas yang seorang siswa sungguh menyenangkan, rasanya jadi seperti orang yang lebih tau dan membagi pada mereka yang ingin tahu banyak hal tentang Universitas, sayangnya institusi pendidikan saya saat ini bukanlah universitas tapi Politeknik. Tapi ya ada saja yang antusias, hanya saja kebanyakan dari mereka masih sangat berpikiran sempit bahwasanya melanjutkan pendidikan di bidang kesehatan itu hanya sesempit sebatas Kebidanan dan Perawat saja, padahal di Poltekkes Negri Bandung ada banyak profesi yang bisa digeluti dari bidang Kesehatan, diantaranya Analis Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Ahli Gizi dan Farmasi.
Dan kesemua bidang itu dalam dunia Kesehatan saling berkaitan satu sama lain.
(sayang sekali saat presentasi tentang Poltekkes gak difoto, oh iya saya presentsi ber 4, ada Wildan (keperawatan), Tresna (keperawatan) dan Meita (Analis Kesehatan))
Ya, adik-adik memang pasti sangat bingung, tenang saja, saya dulu juga pernah ada di posisi itu dan bingungnya bukan main. Saran dari saya, kalo adik-adik mau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pilihan utama pasti Negri terlebih dahulu, bukan berartu swasta itu tidak bagus, tapi biaya di Perguruan tinggi negri biasanya lebih terjangkau, dan bagi yang ingin mengikuti PMDK pilihlah sesuai tujuan kuliah kalian itu apa:
1.      1. Untuk kuliah di jurusan yang gue banget dan jurusan yang favorit serta vamous banget lah pokoknya.
2    2. Yang Penting saya Kuliah di perguruan tinggi Negeri
Nah jika tujuan adik-adik adalah poin nomor satu maka harus siap-siap dengan saingan yang tak sedikit, tujuan kuliah di poin satu akan membuat adik-adik harus berusaha lebih keras dari biasanya dan harus menyadari potensi diri juga, yakin deh pasti ada kok kesadaran diri, dengan kemampuan kita yang begini apakah mungkin masuk ke PTN ini dengan jurusan/prodi ini, kita tau kok apa yang menjadi ahli-nya kita. Akan tetapi jika tujuan kuliah adik-adik adalah ada pada poin 2 maka, pilih lah PTN yang jurusan/prodi-nya masih belum terkenal, sedikit peminatnya, dan daya tampungnya sedikit. Kalau masalah seperti: “ah gak mau asal masuk jurusan universitas, gak mau yang gak aku kuasai, gak mau yang jurusannya aneh, takut gak ada peluang kerja”. Haduh please deh ya, kalo tujuan kalian kuliah ada di point ke dua, tenang aja, hidup itu mengkondisikan, nanti kita akan survive dan di kuliahan juga bakalan diajarin kok, yang tadinya gak ahli pasti jadi ahli (asal berusaha dulu, toh hidup itu kan perjuangan yang tiada hentinya, kalo gak mau berjuang ya gak usah hidup lah) gak ada kan orang yang langsung ahli dari lahir, pasti perlu yang namanya belajar, dan masalah peluang kerja, tenang aja deh, saat kuliah yang bakalan kalian pikirin bukan peluang kedepannya doang, tapi juga ngejalani kuliahnya, kita bakalan disibukkan oleh jadawal kulih, kita akab disibukkan untuk menjadi the best lah di masa depan, peluang kerja itu Allah yang atur, bukan hanya jurusan atau universitas yang kita pilih aja. Okee :)
So, adek-adek yang mau kuliah atau bukan hanya adek-adek aja, tapi siapapun yang mau melanjutkan ke jenjang berikutnya, mulai deh untuk berpikir rasional dan realize, sadari diri kalian sendiri, kemampuan kalian, mulai dari sekarang ketahui dulu keinginan dan kemampuannya lebih di sinkron-kan, dan yang paling pasti tujuan kaliannya bagaimana. Satu hal lagi, saran saya, kuliah itu harus berdasarkan keinginan kita sendiri, jangan hanya paksaan orang tua saja, benar-benar harus keinginan sendiri, supaya nanti saat kita merasa lelah di perjalanan menjadi seorang mahasiswa kita masih mesti kuat dan bertanggung jawab atas pilihan sendiri dan jangan sampai menyalahkan orang tua karena toh itu sudah menjadi pilihan kita dan mesti dipertanggung jawabkan, see :)
Kuliah itu gak mudah, perlu uasaha, kerjakeras, kerja cerdas, dan do’a.
Good Luck :)
(PS: di posting selanjutnya akan dibahas lebih detail tentang nostalgia ke SMA)