Monday 20 August 2012

Happy ied, welcome 'Ospek'!

Wow sekarang ini lebaran hari ke 2 yaa..
Kalo gitu, Mohon maaf lahir dan Batin ya Semuanya yang baca (iya, semua yang baca, gak peduli gak ada yang baca juga yang penting sudah disampaikan).
Gak nyangka banget udah lebaran aja, perasaan baru kemaren deh posting tentang hal-hal yang dilakuin sebelum bulan ramadhan. So kemana aja gueh (gahol) selama bulan puasa? Kok kaya siluman, menghilang begitu saja, atau jangan-jangan aku tuh butiran debu lagi? (alias gak penting banget).
Jadi gini, selama bulan puasa aku sibuk banget, kenapa bisa sibuk banget? (untuk pertanyaan yang satu ini jawabannya bakalan panjaaanngg banget).
Diawali dari masuknya (lulus ujian) di Politeknik Kesehatan Kemenkes RI Bandung. Wow aku keterima loh, jurusannya apa? By the way jurusannya tuh Analis Kesehatan. Pasti banyak yang gak tau deh apa itu profesi analis. Sesungguhnya aku sangat sebel dengan ketidak tahuan orang-orang pada jurusan yang aku ambil ini, terbukti tiap ada yang nanya:
"rin, diterusin kuliah dimana?"
"poltekkes kemenkes bandung :)"
"jurusannya apa?"
"analis kesehatan :)"
"apa itu teh?"
"...(ngejelasin) "
yaap begitulah jadinya tiap ada yang nanya.
Jadi gini, analis kesehatan tuh profesi yang bekerja pada sarana kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan, pengukuran, penetapan, dan pengujian terhadap bahan yang berasal dari manusia atau bahan bukan dari manusia untuk penentuan jenis penyakit, penyebab penyakit, kondisi kesehatan atau faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada kesehatan perorangan dan masyarakat. Sarana kesehatan ini berbentuk Laboratorium Kesehatan seperti Laboratorium Patologi Klinik yang memeriksa sampel berupa cairan-cairan tubuh manusia seperti darah, sputum, faeces, urine, liquor cerebro spinalis (cairan otak), dan lain-lain untuk mendapatkan atau hasil sebagai penegakan diagnosa terhadap suatu penyakit. Cakupannya juga luas yakni meliputi pemeriksaan mikrobiologi (bakteri), parasitologi (fungi, protozoa, cacing), hematologi (sel-sel darah serta plasma), imunologi ( antigen, antibodi), kimia klinik (hormon, enzim, glukosa, lipid, protein, elektrolit, dll). Analis kesehatan juga ada yang bekerja di Laboratorium Patologi Anatomi yang memeriksa sampel berupa jaringan hasil operasi (histopatologi). Selain itu banyak pula yang bekerja di industri makanan dan minuman, obat serta kosmetik karena dalam kurikulum pengajarannya terdapat mata kuliah Kimia Analitik, Kimia Makanan dan Minuman, serta Toksikologi. (informasi ini aku dapet dari blog yang sekarang udah gak aktif: http://darikakigunungitu.wordpress.com)
Ngerti kan sekarang!
Setiap Maba (mahasiswa baru) pasti melalui suatu proses yang dinamakan Ospek. Bagi aku ospek adalah tahapan yang begitu sulit, kenapa? Karena kita jadi disuruh bawa ini itu, disuruh ngerjain ini dan itu, ngeluarin materi yang gak sedikit pula. Dan hal ini lah yang bikin aku sibuk selama sebulan, jadi gini sebelum ospek jurusan, bulan juli kemaren tanggal 30-31 aku ngejalanin yang namanya Pra ospek (pra ppsm) di 2 hari itu ada sesuatu (sebanyak) yang harus disiapin buat ospek jurusannya, dan tugasnya itu kalo kata aku sih banyak. Yang banyak nya itu bikin artikel, ditulis tangan pula. Tapi mungkin semua itu ada tujuannya. Sempet takut juga sama yang namanya ospek, takut aja gitu ada bayang-bayang senioritas dibaliknya. Padahal aku tuh pengennya dimanapun selalu ada 'kemanusiaan yang adil dan beradab.' jadi menghadapi ospek nanti 27 agustus - 1 september , aku berharap akan kembali utuh dan sehat wal'afiat tanpa ada satu hal pun yang kurang. bye the way, ngomong-ngomong masalah ospek, ada juga loh di postingan bang alit ini. Jadi lumayan ada referensi lah, hoho
Setelah ospeknya beres, i promise.. i will tell to you what happened with me then..
Soooo Wish Me Luck ya Guys and Girls.. hihihi