Wednesday 18 July 2012

Hal Yang Dilakukan Sebelum Bulan Ramadhan


Marhaban ya Ramadhan..!
Ramadhan sebentar lagi, baju baru, opor ayam, sebentar lagiiii (eh salah lagu ya, yaudah abaikan)
Ya, ramadhan udah di depan mata nih, jum'at kita udah mulai puasa dan semua ini berasa gak nyangka, udah mau bulan puasa lagi, terawehan lagi, dan ngedenger bunyi petasan yang ngeselin lagi -_-..?
Oke dalam rangka menyambut bulan suci bulan Puasa, aku bakalan mengutarakan hal-hal yang aku lakukan sebelum bulan puasa, hohoho
dan ini dia:
1. Bayar utang puasa tahun kemaren.
Hal semacam ini harusnya dilakukan sebelum malam nipsyu sa'ban atau sepuluh hari sebelum bulan puasa, jadi katanya kalo mau bayar utang puasa harusnya gak boleh sekarang-sekarang ini, tapi gak tau juga deh. Ada yang mengatakan kalo sebelum bulan puasa tiba kita harus terbebas dari utang puasa kita tahun kemaren, dan misalnya masih ada utang puasa maka harus dibayar 2x lipatnya apabila bertemu di bulan puasa berikutnya. Haduuhh, hal-hal semacam ini emang mesti diperhatiin dari dulu dan jangan sampe diabaikan, ibaratkan kita punya hutang berupa uang tunai aja, mesti bayar sesuai tempo biar kalo ngutang lagi kitanya gak malu plus bayarnya gak berat-berat amat. Apalagi cewe yang tiap bulan pasti kedatengan bulan (loh?), jadi pasti tiap bulan puasa ada bolongnya, dan kalo misalkan yang taun kemaren belum sempet dibayar berarti taun yang sekarangnya bayar utang puasa lebih banyak lagi dong, tuh kan jadi berasa berat deh. Haduuuhh, aku aja masih ada 3 lagi, hossh..huft..errrr Щ(ºДºщ)
2. Munggahan
Nah acara yang satu ini nih yang paling menyenangkan, semacam acara farewell party sama hari-hari makan bebas, semacam terakhiran makan-makan sebelum bulan Puasa. Munggahan tuh jadi hal yang mesti banget gitu sebelum bulan puasa, aku ya saking excited nya sampe-sampe 2 minggu sebelumnya udah mau nyiapin acara munggahan bareng temen-temen, eh jadinya hari ini di rumah @dindarannisa, bareng @vivinayuuu  @ninisjosei  @sifawfaw. Ya sebenernya tiap kita ngumpul tuh pasti selalu rame aja gitu, semacam selalu gak habis-habisnya bahan obrolan, dan selalu aja ada hal konyol yang terjadi. Acara makan-makannya sih sederhana aja, gak terlalu istimewa (nulis kata ‘istimewa’ selalu aja yang kebayang tuh omongannya cherybelle -_-“), tapi karena ngumpulnya bareng mereka itulah yang menjadikan munggahan ini terasa istimewa. Makasih dinda atas jamuannya (yang geratis) `ʃƪ)...  
ceritanya makan dibawah pohon duren, niruin hanami :D
laukpauknya sederhana, tapi nikmat. 4 sehat 5 sempurna, kurang tempe+susu :p
biasa abg labil, sebelum makan foto dulu -_-"
ini foto bonus, seriusan random parah, ngakak parah, bodorr :p


3. Makan mie ayam
yang ketiga ini belum terlaksana, soalnya belum ada yang nemenin. Haduh aku suka bangetz (sampe pake Z) sama mie ayam, mie ayam yang menurut aku enak tuh mie ayam adem-ayem Rancabali, mie ayamnya tuh bisa pake ceker lagi, hahaha..
Sebenernya apa yang ingin dilakukan di nomor 3 ini gak penting-penting banget, tapi takut aja pas bulan puasa tuh ngiler-ngiler gitu kalo ngebayangin mie ayamnya, makanya daripada penasaran mending dilaksanakan (ini apa coba).

4. Meminta maaf
Nah ini yang paling penting yang mesti kita lakukan sebelum bulan Ramadhan, kita harus meminta maaf dan saling memaafkan, karena apalah gunanya kita memasuki bulan Ramadhan yang suci dan penuh dengan berkah tapi hati kita masih penuh dengan dengki dan amarah (ini suasananya agak serius gitu, jadi harap bacanya sambil menundukan kepala dan mengingat-ingat dosa ya, ehh). Ya pokoknya semacam begitulah, kita harus benar-benar kembali kepada kesucian saling minta maaf dan memaafkan, supaya hati kita lega. Seperti yang tadi disampaikan oleh Ustadz Maulana: “Memasuki bulan ramadhan kita harus benar-benar tidak memiliki musuh.” Tuh kan...
Kadang memang ada suatu kesalahan orang lain pada kita yang sangat susah untuk dimaafkan, tapi setelah aku pikir-pikir "kita hidup tuh gak ada pilihan lain selain memaafkan" itulah patokan aku, emang kedengerannya agak dipaksain, tapi ya mau gimana lagi coba, karena kita tidak bisa memilih untuk tidak memafkan dan menjadi seperti orang yang buruk pula. Aku selalu berusaha untuk memaafkan, karena apa? Karena Allah selalu punya balasan untuk orang-orang yang telah menyakiti hati kita (camkan itu!). Jadi ya, saya dan sekeluarga mohon maaf kepada siapapun, kepada semua orang yang mengenal ataupun tidak mengenal kami (bagaimana bisa), untuk mohon minta dimaafkan atas kehilafan-kehilafan kami baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, dan begitu pula kami insyaalloh akan memafkan kalian semua. (Amiiinn..)
Yaudah ah, daripada ini tulisan berujung ke arah dakwah yang lebih serius lagi, mari kita tutup sidang jumat kali ini (llooohh..ini tambah ngaco juragan!). Oke-oke daripada menimbulkan kericuhan, aku tutup aja yakk..
Sekian...terimakasiihh!!
Marhaban ya Ramdhan minna san!