Friday 10 February 2012

Masa depan yang masih Abu-abu?

Jadi ceritanya gini, sekolah aku tuh lagi ngadain yang namanya career day (yang bertepan juga sama HUT SMAN 1 CIPARAY yang ke 27). Career day ini sendiri diadain 3 hari, dari kamis kemaren.
Bagi yang gak tau, career day yang aku pahami sih ya semacam pengenalan atau mengenal lebih lagi tentang universitas, dan universitas yang diundang oleh pihak sekolahpun lumayan lah (bikin pusing). Kemaren aja, saking merhatiin orang yang mempresentasikan universitasnya, pulang-pulang aku malahan langsung tepar gara-gara pusing yang sejadi-jadinya (hal milih universitas tuh emang beneran bikin pusing). Sampai hari ini udah ada sekitar kurang lebih 10 universitas yang dikenalin, diantaranya: Sampoerna School of Education, POLBAN, UPI, UNPAD, AKPER-AKBID Aisyiyah Bandung, LP3I, Yayasan PPKM Bhakti Kencana, Universitas Widyatama, STIE Ekuitas, dan LPKIA. itu baru daftar universitas yang perkenalan sampai hari ini aja, dan masih ada hari esok.
Tapi sejauh ini, dari apa yang mereka telah sampaikan aku bisa narik kesimpulan bahwa rata-rata dari mereka sih bilangnya "masuk sini dijamin gampang kerja" apalagi yang PTS, nawarinnya sampe ada keterangan "perjanjian setelah lulus kuliah akan bekerja, langsung ditandatangan diatas materai". Mereka pasti memang menonjolkan hal-hal baik atau keunggulan masing-masing, tapi menurut aku PTN masih yang paling favorit sejauh ini (yaiyalah PTN gitu).
Aku pribadi kalo disuruh milih pastinya yang pertama tuh PTN (amiiin masuk PTN favorit), kelebihannya tuh selain biaya kuliahnya gak terlalu mahal, lulusannya juga ya minimal pasti kompeten dan dapat dipertanggung jawabkan (jangan tanya kompeten itu apa), tapi yang nyusahinnya, persaingannya tuh subhanalloh ketat, ibaratkan kita ngerebutin satu kursi tuh sama 2000 orang lainnya, kebayang kan?! dan inilah yang bikin kita harus punya plan B. Dan plan B itu, kalo misalkan gak masuk PTN ya pastinya mesti tetep kuliah, karena life kan must go on, kita gak mungkin juga jadi diem-diem aja pas udah lulus nanti, kalo semisalnya gak lulus ke PTN kan, dan kalo ke PTS pun kita harus pandai-pandai milih PTS yang gak sekedar cuman janji-janji lulusannya bakalan langsung kerja, toh kita gak tau bakalan kerjanya dimana dan jadi apa. Kadang emang pusing sih mau milih masuk universitas mana, soalnya takut salah kaprah aja gitu, kuliah itu ibaratkan jalan yang akan membawa kita ke pintu yang membuka pada masa depan sesungguhnya, dimana kita harus nyari uang sendiri buat ngisi kekosongan di perut. Kalo kata @shitlicious "jangan sampai kita salah masuk universitas, dan terdampar di PTS yang ruang belajarnya kaya kandang sapi antraks" nah loh.
Maka dari itu supaya masa depan kita kedepannya gak jadi abu-abu, kita harus milih jurusan (program study) yang bener-bener passion-nya kita, jangan sampe asal-asalan, asal masuk aja, karena nanti seleksi alam akan berlaku. Oke..kita tunggu aja nanti ya, kalo aku sih harapanya nanti bisa masuk HI UNPAD, kalo engga Sastra inggris-nya.. hehe Aminn..kalo kalian? apa masa depan kalian masih abu-abu??!


(source image: dokumentasi pribadi saat presentsai LPKIA)

0 komentar:

Post a Comment